Ullen Sentalu, Museum Dengan Kisah Jawa Yang Menarik


Ullen Sentaluadalah sebuah museum seni dan budaya Jawa yang berada di lereng Merapi kota Jogja. Museum ini menceritakan tentang budaya bangsawan Dinasti Mataram, yaitu Kasunanan Yogyakarta, Surakarta, Kadipaten Pakualaman dan Praja Mangkunegaran.

 

ullen sentalu
Ullen Sentalu

Pertama kali sampai di lokasi, akan terasa nuansa berbeda dari museum pada umumnya. Karena tempatnya berada diantara pepohonan yang teduh, jadi nuansa sedikit mistis dan adem. Jadi bagi Anda yang akan kesini sebaiknya memakai jaket/baju hangat karena suhu udara bisa menjadi dingin.
Museum ini dibangun diatas tanah sekitar 1,7 hektar tahun 1980an oleh Yayasan Ulating Blencong. Di tahun 1997 museum ini dibuka untuk kalangan umum dan sampai saat ini. Sebelumnya tempat ini hanya dikunjungi oleh para kerabat dan keluarga Kraton saja.
Nama museum ini sebenarnya merupakan sebuah kalimat Jawa “Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku”. Yang bermakna nyala blencong adalah sebagai pelita/petunjuk bagi manusia untuk menjalani kehidupan. Blencong adalah lampu minyak yang digunakan saat pementasan wayang.
Museum ini termasuk museum terbaik di Indonesia loh. Nah, mau tau seperti apa dan bagaimana tentang museum ini? Yuk, ikuti jejak perjalanan kita kali ini.

Jam Buka, Tiket Masuk, Alamat dan Rute Menuju Ullen Sentalu

Museum ini buka di hari Sabtu-Minggu, karena semua museum di Indonesia hari Senin tutup. Hari Selasa-Jum’at buka jam 08.30-16.00, Sabtu-Minggu buka jam 08.30-17.00.
Untuk harga tiket masuknya cukup bayar Rp.30.000,- /orang dewasa (domestik), Rp.15.000,-/anak-anak. Untuk harga tiket wisatawan mancanegara cukup bayar Rp.50.000,-/orang dewasa, untuk anak-anak Rp.30.000,-. Ada baiknya jika datang ke museum ini saat hari biasa, karena saat weekend/libur biasanya ramai pengunjung. Itupun pengunjung juga harus menunggu tour guide nya untuk menjelaskan semua tentang isi dalam museum.
ullen sentalu
Ullen Sentalu
Museum ini terletak di Jl.Boyong Km.25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY. Jika Anda wisata ke Kaliurang bisa sekalian datang kesini karena lokasinya cukup dekat. Perjalanan dari kota Jogja sekitar 35-45 menit atau berjarak sekitar 25 kilometer.
Rute bisa melewati Jl. Kaliurang lurus ke arah Merapi. Dari gerbang Kaliurang jalan sekitar 2 kilometer ada pertigaan Patung Udang, lurus ke utara. Sekitar 500 meter ada pertigaan ambil kanan, sekitar 700 meter sudah sampai di museum.

Menikmati Wisata di Museum Ullen Sentalu yang Penuh Cerita Unik

Pertama kita akan masuk di halaman depan dan tourguide menjelaskan semua tata tertib tour dan menceritakan semua kisah di museum ini. Antara lain pengunjung dilarang memotret barang-barang museum,memegang ataupun memindah. Karena hanya di beberapa tempat saja pengunjung diperbolehkan mengambil foto.
Museum ini ada 2 bangunan utama, yaitu Gua Selo Giri dan Kampung Kambang. Gua Selo Giri adalah suatu ruang bawah tanah yang menampilkan karya lukis dari tokoh terkemuka di masa Dinasti Mataram. Kampung Kambang adalah ruangan yang terletak di atas kolam air dengan punya banyak ruangan.
Tujuan pertama adalah ruangan Gua Selo Giri yang menampilkan alat musik gamelan dari Jawa. Di area lorong menuju tempat lain ada foto dan lukisan yang berhubungan dengan masa Dinasti Mataram. Lorong ini berukuran sedang, jadi pengunjung harus antri jika dalam rombongan banyak.
Di ruang istirahat pengunjung bisa berfoto dan menikmati minuman dengan ramuan khusus yang kata tour guide nya bisa menjadikan awet muda jika meminumnya.
Nah,di sela-sela perjalanan ada area taman dan merupakan jalan penghubung ke ruang lain yang bisa digunakan para pengunjung untuk berfoto. Selain berlatar bangunan unik, disampingnya ada tanaman dan pepohonan yang akan menghiasi hasil foto Anda.
 

ullen sentalu
Ullen Sentalu

Selanjutnya menuju Kampung Kambang (kampung diatas air) yang ada ruangan kecil lain bernama Ruang Tinneke, ruang yang menunjukan karya seni sastra seperti syair dan kalimat indah berbahasa Indonesia dan Belanda.
Selanjutnya menuju ruangan lain yaitu Ruang Putri Dambaan yaitu kisah tentang Putri Gusti Nurul. Ruang Gusti Nurul yang punya kisah menarik di kehidupannya. Ada pajangan foto Gusti Nurul pada masa dahulu serta barang yang dikenakannya.
Gusti Nurul lahir tahun 1921, putri permaisuri Mangkunegara 7. Saat kecil diberi nama Gusti Raden Ayu Siti Nurul Kamari Nasaratih Kusumawardhani. Bersekolah di Belanda dan berpandangan modern pada masa itu.
Hobi Gusti Nurul adalah berkuda, berenang dan bermain tenis. Gusti Nurul adalah gadis yang cantik serta cerdas, banyak yang mengaguminya. Termasuk Presiden Soekarno, yang mengabadikan lukisan Gusti Nurul di ruang kerja Soekarno di Vila Cipanas.
Selain itu, Gusti Nurul adalah gadis pertama yang menegaskan menolak poligami. Jadi, Gusti Nurul akan menikah jika sudah berusia 30 tahun.
Selain ruang Gusti Nurul, ada ruangan khusus tentang kisah batik yang dipakai sampai saat ini. Ada banyak jenis dan motif batik gaya Jogja/Solo dengan fungsi/makna yang beragam di tiap coraknya. Di ruang terakhir ada ruang Paes Ageng yang menunjukan baju pengantin dan lukisan yang berkaitan dengan perayaan pernikahan pada masa itu.
Di museum ini ada keunikan lainnya, yaitu adanya tembok yang dibuat miring dan unik dengan pahatan. Di tempat ini para pengunjung diperbolehkan untuk berfoto dan seru-seruan.
 

ullen sentalu
Ullen Sentalu

Setelah puas berkeliling museum, pengunjung bisa istirahat menikmati menu di cafe & restoran Beukenhof yang ada di dekat pintu keluar. Resto ini menyuguhkan nuansa campuran antara istana dan Eropa. Cukup menarik bukan, mungkin Anda ingin mencobanya.
Selain itu, Anda bisa membeli buah tangan di kmplek ini. Diantaranya souvenir kerajinan dan batik Jogja/Solo.
Untuk lebih puas menikmati keunikan museum ini pengunjung bisa foto-foto di area taman yang ada kolam di sampingnya. Area ini cocok untuk background foto karena mempunyai nilai seni bangunan serta nuansa yang berbeda.

Fasilitas disini sudah cukup memadai, ada toilet, parkir luas, dan resto. Jadi jangan khawatir datang kesini. Di depan museum ada banyak penjual oleh-oleh seperti buah-buahan, souvenir, dll.
Nah, bagi Anda yang sedang di Jogja, ada baiknya juga mampir ke museum Ullen Sentalu ini. Selain bisa refreshing, Anda juga bisa tau tentang sejarah Jawa. Selamat erlibur, salam piknik.