Tempat Asik di Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat asik biasanya identik dengan tempat yang menyenangkan untuk refreshing kan Guuyss, So pasti, dengan banyaknya rutinitas tiap hari tentu bisa bikin pikiran kita stress. Tapi tenang, luangkanlah waktu untuk refreshing diri.

Jangan ” time is money ” atau waktu adalah uang. Boleh aja sih begitu, tapi sekali-kali tak apa bersantai diri. Refreshing siang ataupun malam ya disempetin lah ya, biar bisa menikmati banyak tempat yang seru dan asik pastinya.

Nah, pernah dengar kata kota JOGJA? JOGJAKARTA ? KOTA ISTIMEWA?? Daerah Istimewa Yogyakarta?? Hemm.. Pastinya tau kan, karena satu kota ini termasuk dalam kategori KOTA ISTIMEWA. Kota ini memang termasuk kota pelajar dan kota budaya dan seni.

Hal Ini juga sudah terkenal sejak dulu. Banyak sekali keistimewaannya, salah satunya adalah masyarakat yang ramah-ramah dan santun. Dan masih banyak lagi dari segi seni, adat, budaya, dan wisatanya.

Selain itu, Kota JOGJA ini punya banyak Tempat wisata yang asik dan seru buat dikunjungi. Mau tau apa aja sih tempat-tempat yang menarik di Kota Jogja ini?? Yuukk, kita telusuri tempatnya ada dimana aja dan bisa ngapain aja?

Yuuk kita simak!!  Seruu dan asik pastinya…..!!

1. Ullen Sentalu

ullen sentalu
Ullen Sentalu via wowhii.com

Ullen Sentalu, Itu pertama kali terdengar dibenakku dan bertanya-tanya. Apa itu, dan seperti apa. Karena terdengar nama itu aneh dan bikin penasaran, saya diajak seorang teman untuk kesana.

Akhirnya, saya pelajari nama ini. Ternyata Ullen Sentalu adalah sebuah museum yang menyimpan benda-benda peninggalan Mataram yang bisa dibilang unik dan menarik.

Museum ini beralamat di Jl. Boyong km.25 , Kaliurang Barat, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini ternyata tak jauh dari tempat wisata Telaga Puteri Kaliurang. Hanya di sebelah baratnya saja,dan mudah akses jalannya ke lokasi. Kurang lebih  25 kilometer dari pusat kota.

Setelah sampai ditempat parkir kita disuguhi nuansa alam seperti horor, itulah yang pertama kali saya rasakan . Karena banyak pepohonan rindang disekeliling nya dan ada bangunan tua.

Akhirnya masuk juga di antrian loket, harga relatif murah. Untuk wisatawan domestik orang dewasa 30 ribu rupiah, anak-anak 15 ribu rupiah.

Untuk wisatawan manca dewasa 50 ribu rupiah dan anak-anak 30 ribu rupiah . Museum ini buka hari selasa-jumat dari jam 08.30 sampai 16.00 sore, sabtu-minggu buka jam 08.30 sampai 17.00 sore, dan hari senin libur. Masuk museum ini ternyata harus nunggu guide nya dulu, guide nya juga ramah-ramah.

Museum ini menampilkan budaya dan kehidupan para Bangsawan Dinasti Mataram . Serta menceritakan tentang para permaisuri dan putri raja dan berbagai macam batik Motif Yogyakarta dan Surakarta terdahulu.

ullen sentalu
Ullen Sentalu via wowhii.com

Ullen Sentalu adalah singkatan dari bahasa Jawa , yaitu : “Ulating blencong sejatine tataraning lumaku “ . Yang artinya adalah nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan.

Kata ini diambil dari sebuah lampu minyak yang digunakan dalam pertunjukan wayang kulit atau blencong yang merupakan cahaya yang bergerak guna mengarahkan serta menerangi  jalan hidup manusia.

Museum ini didirikan pada tahun 1994 oleh seorang bangsawan Yogyakarta yang bisa dibilang dekat dengan keluarga Keraton Surakarta dan Yogyakarta loh.

Ada satu ruangan di tempat ini yaitu bisa sebagai tempat istirahat dan juga ada satu minuman yang bisa dinikmati pengunjung, dan konon kata guide nya minuman ini bisa memperpanjang umur. Boleh cobain kesini yah,, biar tak penasaran dan minum ini tidak bayar alias gratis dehpokoknya.

Lanjut perjalanan, ada halaman di tengah bangunan ini yang bagus dan keren untuk background foto. Karena ada pintu gerbang besi di utara dan selatannya yang tertutup dan ada pepohonan di sampingnya  dengan nuansa seperti sedikit horor menjadikan tempat ini keren buat yang suka hunting foto.

ullen sentalu
ULLEN SENTALU via wowhii.com

Di tempat ini ternyata ada satu bangunan tembok seni yang dibangun miring, bagus juga bisa untuk foto-foto loh..  Di jamin asik deh kalau kesini ini.

ullen sentalu
Ullen Sentalu via wowhii.com

Di pintu keluar, kita bisa menjumpai satu resto khusus di museum ini. Tepatnya di sebelah kanan pintu keluar, dan harga relatif terjangkau loh. Jika perut sudah berasa lapar bisa segera makan di resto ini sambil menikmati keindahan museum ini lebih lama.

Di tempat akhir perjalanan museum ini juga asik, ada kolam ukuran sedang yang tak dalam di tepian. Dan ada tembok yang bermotif batu ukuran agak besar yang melekat .

Buat yang suka hunting foto, disini bisa jadi salah satu tempat nya. Selain unik, tempat ini seperti bernuansa mistis dengan banyak pohon di sekitarnya, dan bisa dibilang salah satu wisata mistisnya Jogja.

Berfoto dengan latar tempat ini bisa terlihat seakan-akan berada di negeri lain, karena bernuansa horor.

Buat kalian yang mumpung mampir Jogja, sempetin deh kesini, bisa juga ajak keluarga dan kerabat. Dijamin asik dan seru, tak kalah keren deh tempat ini.

Buah tangan dari wisata tempat ini juga ada, di halaman utama tempat ini akan ada banyak penjual oleh-oleh, misalkan buah salak yang merupakan hasil tanam daerah ini. Harga juga relatif murah kok disini, cobain kesini ya.

2. Jalan Malioboro

jl.malioboro jogja
Jl. Malioboro – via  (anekatempatwisata.com)
jl.malioboro yogyakarta
Jl.Malioboro Yogyakarta via wowhii.com

Jl. Malioboro adalah tempat utama yang sering menjadi jujugan / tempat pertama para wisatawan domestik ataupun wisatawan luar yang ingin  membeli oleh-oleh atau buah tangan dari Jogja ini.

Jalan ini termasuk tempat wisata populer loh, dan menjadi jantungnya wisata Kota Jogja. Pas nya tepat di utara Alun-Alun Utara jogja.

Jika mau ke Alun-alun utara dari arah utara pasti lewat jalan ini Guys,,ehh,,ini tulisannya juga dibawahnya ada tulisan jawanya loh, ini pakai huruf Aksara Jawa.

Tiap siang dan  malam juga selalu ramai pengunjung,entah itu tujuan nya hanya sekedar jalan-jalan atau yang lain. Disini bisa menjadi referensi buat wisatawan yang mau memborong oleh-oleh.

Mulai dari baju, tas, sandal, dompet, jam, gantungan kunci, lukisan, souvenir, dll masih banyak lagi.

Oiya, Jogja ini terkenal dengan Batik nya juga loh, bisa coba kesini kalau mau lihat dan mborong. Kalau siang hari bisa juga belanja batik di pasar “BERINGHARJO”, tepatnya di selatan nya Jl. Malioboro ini, di timur jalan.

Mau cari batik model apa aja disini banyak banget dan harga bisa dibilang murah-murah.

malioboro
Malioboro via www.liburmulu.com

Di tepian jalan  banyak juga yang menjual berbagai macam menu makanan dan minuman. Mulai dari nasi goreng,ikan,bebakaran,wedang ronde,dll. So, kalau habis jalan-jalan disini gak perlu kawatir laper deh..Heee… Siang ataupun malam tetap seru.

Mau nonton dan ndengerin musik juga bisa, paduan musik angklung bisa menghibur kalian Guyss,sambil nyanyi bareng. Kalau ke Jogja jangan sampai gak kesini ya , pasti nyesel pokoknya.

3. Titik Nol Kilometer

Tempat ini terkenalnya dengan sebutan Titik nol kilometer yang terletak tepat di pusat kota JOGJA ini, dan menjadi jantung nya Kota Jogja. Siang dan malam hari tempat ini selalu ramai.

Mengapa tidak? Yaah,, begitulah memang. Mulai dari anak muda, orang tua, cowok / cewek semua pada nongkrong dan menghabiskan waktu di tempat ini. Ada juga yang disini sampai pagi loh.

titik nol kilometer yogyakarta
Tititk Nol Kilometer Yogyakarta via wowhii.com

Tempat ini asik karena bisa menghibur. Ada yang memamerkan burung hantu, ada manusia yang menyerupai pocong/setan lainnya, ada sulap,dll.

Di sebelah timur tempat ini ada bangunan tua yang disebut BENTENG VREDEBURG. Jika siang, tempat ini dibuka sebagai  museum bersejarah, kalau malam benteng ini tutup.

Sebelah selatan lagi ada monumen serangan 1 maret yang sering digunakan uuntuk pentas musik,seni, dll pada hari – hari tertentu. Tempat ini juga berdekatan dengan Bank Nasional Indonesia yang ada di sebelah pojok selatan tempat ini, bangunan ini termasuk bangunan tua juga loh..

Gak usah kawatir kalau kelaperan disini Guuys, disini juga banyak yang jual makanan dan minuman keliling. Harga juga murah-murah, dijamin mantap.

4. Alun-alun Utara

Alun-Alun  Utara ini letaknya pas di selatannya Jl. Malioboro, kota Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika dari Jl.Malioboro langsung lurus ke selatan akan terlihat dari jauh Keraton Yogyakarta ini.

Orang-orang Jogja biasa menyebut dengan nama akrabnya ALTAR atau Alun-Alun Utara atau bahasa jawanya Alun-Alun Lor (Lor : Utara). Disini kita bisa melihat halaman yang luas yang merupakan halaman Keraton Yogyakarta dan di tengahnya ada 2 pohon beringin yang dipagari.

alun-alun utara jogja
Alun-Alun Utara dari arah utara via wowhii.com

Tempat ini sering digunakan untuk berbagai macam acara/event penting untuk warga masyarakat. Misal untuk acara sekatenan Jogja, pasar malam, pentas seni, konser musik, dan acara besar lainnya , dll.

5. Alun-alun Selatan

alun-alun selatan yogyakarta
Alun-Alun Selatan Yogyakarta via wowhii.com

Dinamakan Alun-Alun Selatan karena letaknya berada di selatannya Alun-Alun Utara, hanya beberapa menit aja udah sampai kok. Dari Alun-Alun Utara kita ambil  jalan ke kanan, ikuti jalan dan sampai nemuin satu pohon beringin di pertigaan masih lurus lagi, ambil kiri, udah nyampai deh di Alun-Alun Selatan.

Nama kerennya tempat ini biasa disebut ALKID atau Alun-Alun Kidul oleh warga masyarakat Jogja dan sekitarnya. Yang dalam bahasa jawanya (kidul : selatan).

Saat siang , di tepian jalan Alkid ini juga banyak penjual makanan dan minuman. Cocok juga buat tempat istirahat sejenak sambil melihat pemandangan Alun-Alun Selatan.

Saat malam, tempat ini seringnya selalu ramai, Pastinya kalau malem datang kesini akan terhibur dengan permainan disini, ada macam-macam.

Ada permainan yang bermitos kalau bisa jalan diantara 2 pohon beringin besar dengan mata ditutup di Alun-Alun Selatan ini keinginan kita bisa terwujud. Tapi ini cuma mitos ya Guys,,so,, jangan terlalu serius ditanggapinnya ya.

Kembali ke keyakinan masing-masing ya Guys,ini cuma sekedar buat hiburan aja. Oiya, pohon beringin disini lebih besar ukurannya daripada yang di Alun-Alun Utara Jogja.

alun-alun selatan jogja
Alun-Alun Selatan JOGJA via :www.pixoto.com

Serunya lagi  yang ini niihhh,,, malem-malem bisa sepedaan asik dengan teman,pacar,sodara,tetangga/mantan pacar dengan sepeda berbentuk mobil dan dihiasai lampu warna-warni dan full music juga.

Assiik juga loh bisa sepedaan muter-muter Alun-Alun Selatan ini, dan harga naik nya juga relatiuf murah. So, jangan kawatir deh maen kesini. Dijamin puas!!

Habis sepedaan perut laperrr??

Tenang….

Di sini banyak juga kok yang jual macem-macem menu makanan dan minuman.

Harga juga relatif murah. So, kalian gak perlu ngehabisin uang banyak dehhh….

Di jamin makanan murah kalau maen ke Jogja.

6. Monumen Jogja Kembali

monjali
Monumen Jogja Kembali via wowhii.com

Monjali? Yuup..inilah sebutan buat Monumen Jogja Kembali yang berbentuk kerucut. Tepatnya berada di Kota Istimewa Yogyakarta, tepat sebelah barat Ringroad utara Monjali utara jalan. Harga tiket masuknya juga relatif murah, per orang 10 ribu rupiah. Tempat ini buka setiap hari,dari pagi sampai sore.

Tempat ini bisa dibilang luas, karena di halaman sebelum masuk monumen , kita bisa lihat panorama kolam di sekitar tepi monumen. Asik dan seru juga loh buat foto-foto, karena kalau siang tetep bisa lihat banyak lampion warna-warni.

monjali
Monjali via wowhii.com
monjali
monjali via wowhii.com

Di museum ini kita bisa lihat replika para pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan NKRI ini. Patung tapi seperti nyata. Kalau penasaran bisa maen kesini Guuys.. Di hari liburan atau minggu tempat ini selalu ramai pengunjung.

Di tempat ini juga banyak outlet-outlet penjual makanan dan minuman di area halaman monumen ini. Jadi,kalian tak perlu kawatir jika lapar. Harga juga relatif murah dan terjangkau.

7. Taman Pelangi Monjali

taman pelangi
Taman Pelangi via wowhii.com
taman pelangi
taman pelangi via wowhii.com

Pernah dengar Taman Pelangi? Atau Taman Lampion? Nih dia, tempat satu ini tak jauh kok dari Kota Jogja. Yuupzz,, cuma di sekitar halaman Monumen Jogja Kembali Kota Istimewa Yogyakarta.

Tempat ini juga disebut taman Pelangi karena banyak nya lampu warna-warni beraneka ragam bentuk menghiasi pemandangan malam.

taman pelangi monjali
Taman Pelangi saat siang hari

Setiap malam tempat ini selalu ramai pengunjung. Mayoritas anak-anak muda,ada pula satu keluarga dan rombongan. Tapi tetap di dominasi para anak muda Guuys. Kenapa enggak?

Tempat ini selalu jadi trend buat anak muda yang pengen ngrasain tempat romantis bareng pacar atau teman. Tak heran pula banyak orang yang berbondong-bondong dateng malem-malem ke tempat ini.

taman pelangi
Taman Pelangi

taman pelangi saat siang hari

taman pelangi

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Buka jam: 17.00 WIB – 22.00 WIB
Hari senin-kamis: Rp.10.000,- / orang
Hari jum’at-minggu / libur: Rp.15.000,- / orang

Selain harga masuknya bisa dibilang murah,  tempat ini asik dan seru, bisa lihat pemandangan dengan berfariasi lampu kerlap-kerlip warna-warni.

Rasanya tak ingin pulang kalau udah disini, bisa nongkrong di tempat romantis dan seru dengan background Monumen Jogja Kembali ini malem-malem. Buat foto seru-seruan juga siiip banget loh Guys.. Jepret sana jepret sini,hehehehee…

taman pelangi saat malam hari

taman pelangi

taman pelangi

Di sebelah barat pojok dekat kolam juga asik tempatnya. Pas liburan atau pas malam minggu ada live music nya,bisa request lagu dan bisa juga nyanyi bareng.

Romantis banget lohh,,hmmm,,bisa juga nyanyiin buat pacar kita loh disini. So sweeet kan. Dijamin seru kesini pas liburan atau malam minggu.

Live Musik Di Taman Pelangi
Live Musik Di Taman Pelangi via wowhii.com

Di sebelah timur komplek ini ada Rumah Hantu. Jika mau uji keberanian boleh coba masuk kesini ini. Kalau kalian punya riwayat sakit jantung mending jangan masuk ya, takut pingsan nantinya.

rumah hantu di taman pelangi monjali
Rumah Hantu di Taman Pelangi Monjali via wowhii.com

Yang pasti jangan lewatkan moment seru disini bersama orang yang tersayang, pacar, kawan, kerabat dan keluarga.

8. Bukit Bintang

Penasaran kan pasti? Mana ada sih bukit ada bintangnya? Eiiitzzz,,, jangan salah !!! Di tempat ini ada. Pas nya di Daerah Istimewa Yogyakarta di Jl.wonosari km.12.

Namanya Bukit Bintang, karena lokasinya berada di atas bukit dan dari atas sini kita bisa melihat lampu-lampu di kota kelap-kelip seperti bintang.

bukit bintang jogja
Sumber gambar : www.javapromo.com

Dari Kota Jogja ya lumayan agak jauh siih, dari Jl. Janti Jogja ke selatan ada lampu merah kedua ambil kiri,lurus aja ikuti jalan. Nah, jalan ini termasuk jalan utamanya kalau mau ke Wonosari Guuyss, terkadang jalan ini macet panjang pas musim liburan.

Jalan ini lumayan agak naik ke gunung, jadi kalian tetap harus ati-ati kalau mau kesini. Kalau sudah sampai tempat yang ramai banyak anak nongkrong dan keliatan lampu-lampu dibawah berarti sudah sampai lokasi.

Tempat parkir juga luas. Diusahakan kesininya malem yaah,, biar bisa liat indahnya kota Jogja di malam hari,hihihii. Kalau siang juga bagus siih, tapi cuma bisa liat pemandangan alam dari atas sini.

Disini juga bisa menikmati jagung bakar yang dijajakan di tepian jalan, sambil melihat romantisnya bukit bintang ini bersama pacar.

Kalau mau pesan makanan juga banyak looh Guuys, banyak macam-macam menu nya dan relatif murah. Tempat ini paling ramainya pas malam minggu dan musim liburan.

Jika mau menginap disini juga bisa lohh, ada hotel dan resto yang romantis bisa sambil menikmati malam di Bukit bintang/bukit indah ini.

9. Watu Amben

watu amben
Watu Amben by : www.dolan-dolan.net

Tempat ini mungkin agak asing didengar. Hmm, Watu Amben ini adalah Bahasa Jawa. Yang artinya ( watu : batu , amben : tempat duduk/kursi) , maksudnya adalah tempat duduk dari batu. Watu amben ini letaknya tak jauh dari Bukit Bintang, hanya sekitar 1,5 kilometer saja.

Karena bebatuan besar disini masih alami dari sejak dulu. Dan warga masyarakat sekitar memanfaatkannya untuk daya tarik tersendiri.

Yaitu untuk rekreasi melihat indahnya pemandangan Kota Jogja dari atas. Siang ataupun malam tetap asik loh. Ini bisa menjadi salah satu lokasi wisata di Gunungkidul yang seru dan unik, asik pastinya.

Tempat ini juga menyediakan jajanan / menu makanan dan minuman yang panas ataupun dingin. Harga masih termasuk murah juga loh.

Biasanya tempat ini ramai pas malem minggu atau musim liburan. Kalau siang tempat ini juga bisa jadi lokasi buat yang suka foto-foto. Keren juga Looh… Cobain kesini yahh..

10. Kaliurang

kaliurang
Wisata Kaliurang via wowhii.com

Mau cari tempat wisata alam pegunungan yg sejuk dan seru ? Ini dia, tempat wisata Kaliurang namanya. Atau bisa disebut Telogo Puteri.

Meski disini tak menemui telaga, kita bisa menikmati pemandangan di sekitar sini. Kolam yang indah dan banyak pepohonan bisa membuat kita refresh.

telogo putri kaliurang
Telogo Putri via : (www.ngadem.com)

Lokasi ini tepatnya ada di Sleman kota Istimewa Yogyakarta. Istimewa sekali kan? Tepatnya di Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Kota Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tempat ini termasuk wisata utama Kota Jogja, karena tepat dekat di gunung Merapi yang merupakan gunung teraktif di dunia.

Tempat ini dipenuhi ribuan pepohonan yang berfungsi sebagai penyerap air hujan dan untuk melindungi tanah dari erosi. Selain itu juga bisa menjadi tempat wisata bagi pengunjung domestik ataupun manca negara.

Dari kota Jogja lumayan jauh ini, dari Jl. Kaliurang kita lurus kearah  utara sampai ke lokasi masuk tempat wisatanya. Perlu waktu sekitar 35 – 45 menit, sekitar 26 kilometer dari pusat kota Jogja.

Sebelum masuk, kita melewati gerbang pertama dulu, tarif per 1 motor boncengan tarif 10 ribu rupiah saja.

Setelah sampai lokasi, parkir dulu di halaman yang sudah tersedia. Sebelum masuk, kita akan disuguhi banyak macam makanan dan oleh-oleh. Dan jangan lupa harus bawa jaket ya, karena suhu di Kaliurang ini dingin.

Harga tiket masuk nya juga relatif murah kok, hanya bayar 5 ribu / orang saja, jadi tak perlu cemas kalau dompet lagi tipis. Cocok tempat wisata ini jadi tujuan pas kalian males ngeluarin biaya banyak, disini dijamin murah-murah dan asik didatangi.

Setelah masuk kita bisa menikmati pemandangan yang hijau dan ada kolam kecil nya. Lanjut jalan ke utara menuju air terjun nya yang mengesankan.

Namanya air terjun Tlogo Muncar. Eiitzz,, hati-hati ya yang kesini bawa makanan, karena banyak monyet di bawah yang bermain-main.

Takutnya direbut,heeheee. Kalau mau ngasih makanan ke para monyet ini boleh aja kok. Di bawah air terjun ini kita juga bisa bermain air. Tak sedikit juga yang ber foto-foto dengan background air terjun ini.

Di sini juga banyak tempat peristirahatan jika ingin duduk-duduk sambil makan cemilan. Suasanya sejuk dan segar ditambah dengan pemandangan pepohonan.

Kalau udah masuk sini hawanya sejuk,rindang dan adem pokoknya. Ada pula arena bermain untuk anak-anak,ada ayunan juga. Di sebelah selatan ini juga ada mushola dan toilet.

Kalau sudah keluar dari lokasi, boleh jajan oleh-oleh. Khas makanan disini adalah jadah tempe yang sudah lama terkenal.

Jadah ini terbuat dari beras ketan dan dimakan sama tempe bacem yang manis rasanya. Hemmm,,rasanya manis dan gurih. Harga juga cuma murah kok, cobain kesini ya, biar gak penasaran rasanya.

jadah tempe kaliurang
Jadah Tempe via : www.initempatwisata.com

Di selatan tempat wisata ini ada kolam yang asik juga dilihat. Disamping baratnya juga ada kolam kecil buat anak-anak yang pengen basah-basahan disini.

Di kawasan ini banyak sekali hotel,villa dan penginapan jika ingin bermalam di Kaliurang ini. Tak perlu kawatir, harga menginap nya 1 malam nya berfariasi. Dibawah harga 100 ribu rupiah juga banyak, diatas harga itupun juga ada. Kalian tinggal pilih aja deh mau yang bagaimana ada disini.

11. Upside Down World Jogja

Bosan dengan wisata yang itu-itu aja? Mau cari tempat wisata unik, seru, baru, menarik dan beda dengan yang biasanya ? Yuk cobain ke Jogja, kota istimewa. Kota istimewa dengan banyak tempat wisata dan keunikan, salah satunya wisata ke Upside Down World Jogja.

Upside Down World Jogja ini adalah tempat wisata terbalik kedua setelah di Bali loh. Tempat ini bertema terbalik, jadi semua barang-barang disini serba terbalik dan keren dengan dekorasi menarik dan unik.

upside down world jogja
Upside Down World Jogja via (instagram.com/@upsidedownworldjogja)

Disini, setiap pengunjung akan ditemani seorang Guest Assistance yang akan memandu kita untuk menjelajah semua tempat ini.

Guest Assistance ini juga bisa loh jadi juru foto kita, selain jadi juru foto juga bisa jadi penata gaya tanpa biaya tambahan. Dengan ini, kita bisa mendapatkan hasil foto-foto yang keren abis. Jika mau foto sendiri juga keren pastinya.

Ada banyak spot unik dan menarik yang bisa dijumpai di Upside Down World Jogja ini, seperti : kids room / ruang anak, living room /ruang tamu,  bath room / kamar mandi, kitchen / dapur, master bed room, dining room / ruang makan, laundry room, warmindo / warung burjo, garasi dan ruang 3D.

Nah, dengan latar ruangan unik ini, kalian bisa share ke instagram / sosmed , dijamin bakal nge-Hitsdeh. Tempat wisata ini termasuk baru , dan menjadi primadona wisatawan domestik / pun manca. Dan tak semua kota ada tempat unik seperti ini.

upside down world jogja
Upside Down World Jogja via (instagram.com/@upsidedownworldjogja)

Lokasi dan Jam Buka Upside Down World Jogja

Lokasi tempat unik ini beralamat di Jl. Ring Road Utara No. 18, Maguwoharjo, Kec.Depok, Kabupaten  Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ancer-ancer nya dari perempatan lampu merah Kampus UPN Veteran Yogyakarta ke timur sampai di Casa Grande di utara jalan. Tempat ini berada di selatan Ring Road , jadi jika dari rute barat, harus balik putar arah Ring Road ini.

Tempat wisata ini buka mulai jam 10.00 pagi – 19.00 malam. Harga tiket masuk tempat ini Rp.40.000,- untuk anak-anak, dan untuk dewasa Rp.80.000,- per orang. Harga memang lumayan agak mahal , tapi tak usah kawatir,semua bisa terobati dengan semua keunikan disini.

Pada awal pembukaan tempat ini mungkin masih belum banyak pengunjungnya karena belum banyak yang tau tempat unik ini.

Tetapi sekarang ini sudah sangat banyak pengunjung yang berbondong-bondong datang kesini. Tak heran, tempat ini termasuk tempat keren yang diburu oleh penghoby foto-foto.

Ada beberapa hal yang perlu di ketahui jika wisata kesini. Antara lain : sebaiknya datang ke tempat ini lebih awal, sekitar jam 10 pagi saat mulai buka saat pengunjung belum terlalu banyak.

Karena disamping masih bisa parkir mudah, kita bisa leluasa mengekspresikan gaya-gaya foto kita dengan nyaman.

Selain itu, tak perlu membawa banyak barang karena disini hanya menyediakan loker untuk sepatu / sandal . Dan pakailah kaos kaki, karena di tempat pemoretan tak boleh pakai sepatu / sandal.

Bagi kalian yang hoby foto-foto wajib datang ke tempat ini. Jangan sampai enggak ya, foto disini bakalan jadi nge-Hits deh pokoknya.

12. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

jogja bay
Foto Jogja Bay via: www.jogjabay.com

Bingung mau liburan kemana bareng keluarga ? Cari suasana baru dan seru ? Ini dia , taman wisata air yang baru berada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Namanya Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark , bisa dibilang satu-satunya wahana wisata air yang terluas dan terlengkap di Indonesia dan bertema bajak laut loh.

Keren bukan ? Kita disini bisa menikmati permainan air dan merasakan serunya masuk ke dunia bajak laut yang menegangkan. Nah, bagi kalian yang penasaran seperti apa tempat ini, yuuk kita ulas disini.

Mungkin mendengar nama ini masih agak asing di telinga, karena tempat wisata ini bisa dibilang baru. Luas total area Jogja Bay  ini sekitar 11 Ha, dengan bermacam-macam wahana permainan air di dalamnya.

Lokasi:

Lokasi Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark ini berada di Jl. Utara Stadion Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta.

Jika dari arah Airport Adisucipto Yogyakarta, belok kanan sampai Jl.Raya Jogja-Solo, ke kiri ada Jl.Candi Sambisari, ambil kiri ke selokan Mataram, belok kanan ada Jl.Anggrek sampai Jl.Diponegoro, ke kiri ada Jl.Pasekan sampai Jl.Sopalan, belok kanan ke Jl.Beringin Raya, belok kiri sampai Jl.Stadion, pas utaranya sampai di Jogja Bay di Maguwoharjo.

Jika dari terminal Condongcatur, berjarak sekitar 4,5 kilometer dan bisa sampai dalam waktu sekitar 12-15 menit.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Jogja Bay ini buka mulai jam 09.00 – 18.00 untuk hari senin – jum’at, untuk weekend hari sabtu dan minggu buka mulai jam 08.00 – 18.00. Harga tiket masuknya 90 ribu rupiah untuk dewasa, dan 60 ribu rupiah untuk anak-anak.

Wahana

Wahana pertama yang bisa kita lihat adalah pintu masuk, di Grand Hall ini kita bisa langsung melihat tema tempat ini. Keren pastinya. Hal inilah yang membuat taman air ini berbeda dengan waterpark lainnya. Dan tiap hari sabtu dan minggu ( termasuk hari libur ) jam 15.00 di Harbour Theater kita bisa melihat pertunjukan drama musical “ The Guardian Past Show Past In The Future “.

Di Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark ini kita bisa memacu adrenalin dengan banyak permainan air disini. Antara lain Memo Raceryang bisa berpacu kecepatan meluncur kita dengan teman, Volcano Coaster dimana kita bisa melepas penat dan mencari kebebasan, Timo-timo Rider dengan lintasan tak begitu panjang dengan 3 putaran bisa merasa seolah-olah terombang-ambing di lautan.

wahana memo racer
Foto Wahana Memo Racer (www.jogjabay.com)

Di wahana Jolie Raft River disini kita bisa merasakan ombak lembut yang membawa kita mengalir mengikuti arus air, dan Brando Boomeranggokita bisa meluncur dengan kecepatan tinggi seolah terpental bagai boomerang saat sampai di akhir lintasan yang bermuara di sungai Jogja Bay.

Ada juga South Beach, disini kita bisa merasakan sapuan ombak Tsunami yang datang tiba-tiba. Tapi tenang, ini Cuma buatan loh, bukan Tsunami asli. Dan kita juga bisa tau informasi dan edukasi tentang “How To Survive In Tsunami & Earthquake”.

wahana south beach
Wahana South Beach by: www.jogjabay.com

Wahana untuk segala usia bisa dinikmati disini seperti Donte Wild River yang berupa arus air mengalir tenang seperti sedang menyusuri sungai. Ada juga Kula Playpool, kita bisa bersantai dan minum bareng teman-teman.

wahana donte wild river
Wahana Donte Wild River by : www.jogjabay.com

Wahana untuk anak-anak seperti Ziggy Giant Barrelberupa prosotan pendek dan akan di kejutkan dengan pancuran air dari barel besar yang ada di atas.

Di wahana Hip Playground yang di fasilitasi gazebo ini juga seru, selain bisa bersantai kita bisa bermain dengan permainan yang ada disini. Ada pula wahana Mimi Family, tempat ini cocok bagi yang hanya sekedar menikmati suasana dan bersantai.

Fasilitas:

Fasilitas disini juga lumayan banyak loh. Ada gazebo, spa, panggung, mini pool bar, penyewaan handuk, penyewaan loker, layanan foto, pirates ship, shoping centre, resto & café, light house, mushola, kamar mandi, odong-odong, area parkir.

Yang mumpung mampir ke Jogja, jangan lewatkan waktu bersama keluarga ke Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark unik ini ya. Di jamin seru.