Hutan Mangrove Kulon Progo (Harga Tiket, Lokasi, Foto dll)

Hutan Mangrove Kulon Progo bisa dijadikan solusi untuk liburan akhir pekan. Cobain yuuk wisata ke Hutan Mangrove yang unik ini. Tempat wisata ini belum lama nge-hits karena keindahan dan keunikan yang dimilikinya.
Kamu dijamin bakalan puas berlama-lama di tempat satu ini. Sebelumnya saya penasaran dengan tempat yang baru nge hitsdi sosial media ini ada dimana dan seperti apa.
Lalu saya dan teman mencoba datang ke tempat wisata unik ini. Penasaran seperti apa tempat ini?
Ini dia cerita selengkapnya.
Tepatnya di Hutan Mangrove Kulon Progo, dan berada di dekat pantai Pasir Mendit Kulon Progo. Ada beberapa lokasi wisata mangrove dengan nama berbeda yang unik dan keren.
Tapi masih berada di satu deretan pesisir Pantai Mendit. Hutan mangrove yang dekat dengan pantai Pasir Mendit ini ternyata dekat dengan pantai Glagah, hanya sebelah baratnya.
mangrove kulonprogo

Lokasi Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo

Lokasi berada di Desa Jangkaran (Pasir Mendit ), Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
denah lokasi mangrove kulonprogo
Denah Lokasi Mangrove Kulongprogo via wowhii.com

Rute Menuju Hutan Mangrove Kulon Progo:

Jika dari pusat kota Jogja ke arah Jl.Wates-Purworejo.Sampai ketemu pom bensin kanan jalan, dan di sebelahnya ada rumah makan Murah Meriah ambil jalan ke kiri yang dekatnya ada Pos Polantas.
Sampai di Jl.Daendels, kita melewati balai Desa Jangkaran dan melewati jembatan sungai Bogowonto. Ada Balai Desa Jogoboyo masih lurus ada Pustu Jogoboyo ambil arah kiri.
Lurus ikuti petunjuk jalan dan sampai melewati tambak udang sampai gardu pos ronda dan masjid ikuti petunjuk jalan dan sampai lah di lokasi wisata mangrove. Perjalanan di tempuh sekitar 1,5 jam sampai 2 jam tergantung kecepatan laju kendaraan.
Jika dari arah Purworejo juga mudah, ambil arah ke Jogja melewati Tugu Batas Jateng-DIY. Melewati pos Polantas ambil kanan ke arah Jl. Daendels ambil kanan melewati jembatan Sungai Bogowonto sampai Pustu Jogoboyo ke kiri ikuti arah petunjuk.
Dari arah Kebumen ambil arah Jl.Daendels sampai pada Pustu Jogoboyo tinggal ikuti arah petunjuk. Mudah kan Guuys.Jika belum paham dengan jalan kesini, bisa juga pakai GPS dari handphone. Tapi rute ini cukup mudah karena sudah ada petunjuk jalannya.
jalan ke mangrove kulonprogo
Jalan ke Hutan Mangrove Kulonprogo
Dahulu minat para wisatawan datang ke Kulon Progo ini belum sebanyak seperti sekarang. Dengan adanya tempat wisata alam magrove baru dan unik ini ternyata banyak menarik minat para wisatawan atau para travelleryang penasaran untuk datang ke tempat ini.
Wisata alam berupa hutan mangrove ini sekarang menjadi salah satu primadona spot foto yang unik dan keren bagi yang sukahunting foto dan suka nge hits.
jembatan menuju mangrove kulonprogo
Jembatan Menuju Mangrove Kulonprogo via wowhii.com
Tempat wisata ini menyuguhkan keunikan tersendiri dan berbeda dengan tempat wisata pada umumnya. Sudah banyak pengunjung yang datang kesini, meski tempat ini baru sekitar awal tahun 2016 diperkenalkan.
Dari foto-foto di sosial media facebook / instagramsudah banyak menyebar, dan tak heran juga para wisatawan dari luar kota berbondong-bondong berburu foto di hutan bakau ini.
Dengan rencana adanya pembangunan bandara Internasional baru di daerah Kulon Progo, tempat-tempat wisata lain juga akan berkembang lebih banyak dan menarik pastinya.
Ini dia Guuys beberapa nama tempat wisata hutan mangrove di tepian Pantai Pasir Mendit.

Spot di Area Hutan Mangrove Wana Tirta

Lokasi hutan mangrove Wana Tirta ini berada di paling barat dari deretan wisata mangrove di pesisir Pantai Mendit.
masuk wisata wan tirta
Masuk Wisata Wana Tirta via wowhii.com
wana tirta
Mangrove Wana Tirta via wowhii.com

Jam Buka dan Tarif Masuk Ke Hutan Mangrove “Wana Tirta”

Buka : Pagi Jam 06.00 WIB sampai sore jam 18.00 WIB sore.
Tarif : Rp. 10.000,- / motor (sudah termasuk parkir).
denah lokasi wana tirta
Denah Lokasi Wana Tirta via wowhii.com
Di wisata edukasi hutan mangrove “WANA TIRTA”ini terdapat tanaman bakau yang berdaun agak lebar dan agak tebal daunnya. Selain tempat ini unik dengan jalan atau jembatan yang terbuat dari bambu, kita juga bisa menjumpai banyak spot fotounik dengan banyak macam tulisan atau kata-kata kekinian.
Bisa aja dehkita langsung update di sosial media kita kalau kita udah sampai di mangrove ini. Dari pintu masuk sampai pintu keluar bisa jadi pun bisa jadi spot foto yang keren.

wana tirta

Rute pertama kita akan masuk dengan berjalan melewati jembatan bambu unik yang terangkai dan berseni. Setelah sampai di perempatan jembatan yang ada tulisan nya jika ke kanan arah menuju ke Goa Mangrove.
Kalau lurus ke arah Pantai Pasir Mendit, nah… kita belok ke kiri dulu untuk melihat ada apa aja di bagian kiri ini. Ada tulisan unik ternyata. Hehe,,lucu loh buat update di sosial media.seperti foto ini.
spot foto di mangrove wana tirta
spot foto di mangrove Wana Tirta via wowhii.com
jembatan bambu di wana tirta
jembatan bambu di wana tirta via wowhii.com
wana tirta
spot foto di marngrove wana tirta via wowhii.com
Oiya,kita lihat di bawah jembatan ini ada banyak ikan lucu dan unik. Ikan tapi bersirip kaki di bagian depannya, namanyaikan Glodog dalam bahasa latinnya (periopthalmus sp).
Selain itu ada banyak sekali sumpil: bahasa latinnya (faunus ater)dimana-mana. Ada pula kepiting bakau bahasa latinnya (uca crassipes) yang ada warna unik di capit nya.
ikan glodog
ikan glodog via wowhii.com
Setelah puas jepret-jepret di bagian kiri ini, kita lanjut ke arah Pantai Pasir Mendit, kita tengok ada beberapa tambak udang banyak disini di sebelah kanan dan kiri.
Di pantai ini kita dilarang mandi ya Guuys,karena berbahaya jika berenang. So, kita nikmatin aja keindahan pantai dari tepian pantai, biar aman.
tambak di dekat mangrove kulonprogo
tambak di dekat mangrove kulonprogo
Kita putar arah lagi untuk kembali menjelajah ke arah kanan / ke arah GOA MANGROVE. Kata salah seorang warga setempat, jika mau ke goa mangrove, harus hati-hati karena banyak nyamuk nya.
Karena banyak kubangan air di rawa dan rimbun agak gelap, jadi para nyamuk suka di tempat ini.
Sambil jalan menyusuri jembatan bambu, kita juga akan disuguhi fasilitas naik perahu jika mau naik perahu, ada juga beberapa orang yang memasang alat pancing ikan di dekat jembatan.
fasilitas perahu di mangrove
fasilitas perahu di mangrove

Bagi yang mau nyoba mancing disini juga bisalohsaat sepi, nanti bisa pinjam / sewa ke petugasnya. Masih ada tulisan unik di sebelah kanan ini, kekinian pastinyahehhehee,,maklum juga, tulisan semacam ini kan tak selalu ada di sembarang tempat.

Setelah sampai di ujung sambil menyusuri mangrove, ada petunjuk / tulisan menuju Goa Mangrove. Mampir sebentar di bawah pohon cemara yang rindang dan menyejukan dengan angin sepoi-sepoi dan ada sedikit hiasan di sekitarnya. Bagus juga loh untuk foto-foto.

arah ke goa wana tirta
arah ke goa wana tirta
spot unik di mangrove wana tirta
spot unik di mangrove wana tirta
Lanjut perjalanan masih dibawah pohon cemara ada kita temui ada beberapa ayunan yang bisa kita coba untuk beristirahat sejenak dan ada spot unik juga.
Sampai pada pintu masuk Goa Mangrove, dan masih sama dengan jalan di jembatan bambu yang unik dan ada tulisan unik pula. Sebelum masuk ke Goa Mangrove, kita melewati “jembatan kenangan” namanya. Unik kan…
spot santai di wana tirta
spot santai di wana tirta
jembatan kenangan di mangrove wana tirta kulonprogo
jembatan kenangan di mangrove wana tirta kulonprogo
spot unik di wana tirta
spot unik di wana tirta
Setelah masuk Goa Mangrove ini kita sudah disambut oleh banyak sekali nyamuk penghuni goa ini. Tanpa persiapan penangkal nyamuk pun kita tetap masuk untuk menghilangkan rasa penasaran.
Meski harus digigit para nyamuk. Karena agak gelap di goa ini saya kira kita hanya sendirian, tapi ternyata tidak. Ternyata ada orang lain juga yang sudah masuk di goa ini. Nuansanya agak horor juga sih kelihatannya, seperti di film-film hollywod gitu.
goa mangrove wana tirta
goa mangrove wana tirta
Di goa ini kita menyusuri dengan jembatan bambu setapak yang unik pula. Di satu tempat ada jembatan yang berbentuk Love yang di tengahnya ada pohon agak besar.
Setelah sampai ujung jalan, kita duduk di ayunan sebentar dan melihat kanan kiri. Dan melihat ada banyak rumah / lubang kepiting bakau disini. Lucu-lucu unik rumah kepiting bakau nya.
goa mangrove wana tirta
goa mangrove wana tirta
rumah kepiting bakau
rumah kepiting bakau
Di Goa Mngrove ini ada banyak sekali pepohonan mangrove yang berakar banyak dan kelihatan panjang diatas tanah dan kuat. Di bawahnya banyak kubangan air dan banyak sumpil,kepiting bakau, ikan Glodog, terutama banyak sekali nyamuknya.
Di sisi kiri ada beberapa gazebo unik yang bisa dijadikan tempat istirahat sejenak untuk menikmati pemandangan Goa Mangrove ini.
gazebo di goa mangrove
gazebo di goa mangrove
hutan mangrove
hutan mangrove
Setelah puas berkeliling goa mangrove, kita berhenti sejenak di warung sekitar tempat wisata ini untuk mengisi perut yang sudah lapar.
Jadi misal kalian kesini tak membawa bekal makanan tenang aja, disini ada warung makannya kok. Harga juga terjangkau dan bisa dibilang murah.
warung makan di wana tirta
warung makan di wana tirta

Ada pula fasilitas tersedia di tempat ini, antara lain :

  • Mushola
  • Toilet umum
  • Warung makanan / minuman
  • Spot-spot foto yang unik dengan banyak tulisan kekinian
  • Perahu untuk menyusuri pemandangan mangrove
  • Sewa pancing
  • Tempat sampah yang sudah tersedia
spot mancing
spot mancing via wowhii.com

Mangrove Jembatan Api-Api

Letak wisata alam mangrove Jembatan Api-Api ini berada di sebelah timurnya wisata Hutan Mangrove Wana Tirta. Dari mangrove Wana Tirta hanya berjarak sekitar setengah kilometer saja.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Wisata Mangrove “JEMBATAN API-API”:

Buka Jam 06.00 pagi sampai jam 18.00 sore.
Tarif masuk Rp.10.000,- / motor (sudah termasuk parkir).
pintu masuk jembatan api-api
pintu masuk jembatan api-api via wowhii.com
Wisata mangroveJembatan Api-Api ini adalah merupakan tempat wisata yang paling luas dan terkenal diantara deretan wisata mangrove di Desa Jangkaran ini. Karena luas, pastinya juga akan ada banyak spottempat unik yang seru dan asik untukhunting foto.
jembatan api-api
jembatan api-api via wowhii.com
Pertama-tama kita mulai dengan masuk area dengan memasuki jalan yang unik. Yaitu melewati jalan berupa jembatan khusus untuk menuju area, seperti ibarat jalan tol di kota. Jalan masuk lewat yang atas, jalan keluar lewat jalan bawah, unik kan.
Jalan masuk ini bernama Tol Japin Atas “ Jembatan Api-api” dan di samping kanan dan kirinya adalah tambak udang.
Tulisan-tulisan di tempat ini bisa dibilang unik karena dibuat dari tali “kenur”/ tali bahan plastik yang dirangkai menjadi tulisan dan di paku pada papan kayu dan terlihat unik.
Di pintu masuk ini juga akan disambut oleh tulisan unik dan kita berjalan di atas jembatan yang terbuat dari bambu, namun jembatan bambu ini lebih tebal daripada di hutan mangrove Wana Tirta.
mangrove jembatan api-api
mangrove jembatan api-api via wowhii.com
Pertama kita menyusuri ke sebelah kiri dulu, ada beberapa spot keren dan unik untuk ber foto. Ada jembatan “titian segi tiga”yang berbentuk love yang di sebelah samping nya ada menara yang bisa untuk area pengambilan gambar / foto dari sisi atas.
Di dekatnya lokasi ini juga ada area bakau yang ada gazebo nya, rimbun rasanya. Berjalan ke kiri lagi, ada spot foto bernama“bingkai asmara” yang ada tempat duduknya bagai tempat duduk pengantin. Lanjut ke kiri lagi ada spot foto di atas seperti sangkar burung.
titian segitiga
titian segitiga via wowhii.com
jembatan love
jembatan love via wowhii.com
bingkai asmara
bingkai asmara via wowhii.com
Oiya, mayoritas pohon mangrove di tempat ini berdaun lebih kecil dan tipis daripada di hutan mangrove Wana Tirta.
Di sini kita juga akan menemui banyak ikan yang sama seperti di mangrove Wana Tirta, yaitu ikan Glodog (periopthalmus sp) dan ada pulasumpil (faunus ater).
Dinamai mangrove Jembatan Api-Api ini karena diambil dari nama pohon yang tumbuh di mangrove ini. Jadi nama ini tidak ada kaitannya dengan api ya Guuys.
spot unik
spot unik via wowhii.com
Lanjut perjalanan kita jalan putar balik dan ambil ke arah pantai Pasir Mendit.Kita lihat ada “ayunan teletubies” disini, ukurannya besar dan bentuk menyerupai boneka teletubies dengan kerangka besi.
Di sampingnya ada pula spot sepeda ontel yang lucu namanya “gembok cinta”, kita bisa berekspresi disini dan di sampingnya juga ada beberapa tulisan cerita cinta yang ada gembok nya.
ayunan teletubies
ayunan teletubies via wowhii.com
gembok cinta
gembok cinta via wowhii.com
Lalu kita jalan ke kiri lagi, ada spot berbentuk gitar besar terbuat dari besi/seng yang unik namanya“satria bergitar”.
Jalan ke kiri lagi ada spot “ kapal”dengan layar kuning, di samping nya juga ada gazebo untuk tempat beristirahat sejenak dan menikmati pemandangan mangrove sekitar.
satria bergitar
satria bergitar via wowhii.com
Putar arah lagi menuju pantai, dan di tengah perjalanan kita melihat spot unik lagi, berupa ayunan berbentuk agak bulat/menyerupai lonjong/elips.
Setelah itu, di samping nya juga ada jalan dari bambu yang menuju arah pantai Pasir Mendit yang menyerupai jalan lorong yang unik. Keren juga tempat ini bisa untuk hunting foto.
spot unik di mangrove
spot unik di mangrove via wowhii.com
jalan menuju ke pantai kulonprogo
jalan menuju ke pantai kulonprogo via wowhii.com

Jalan Ke PantaiSesampainya di pantai, di sebelahnya juga ada tambak udang, dan di tepi pantai ini juga ada ayunan yang bisa digunanakan untuk bersantai sambil melihat pemandangan.

Bisa juga menanti sore hari untuk melihat keindahan sunset di pantai ini. Keren bukan.

nuansa pantai pesisir kulonprogo
nuansa pantai pesisir kulonprogo via wowhii.com
Nah, sambil kita menunggu sunset datang kita bisa bermain ayunan di tepi pantai Pasir Mendit ini. Di samping nya juga ada tanaman liar yang berbunga berjumlah banyak dan bisa juga menambah keindahan pemandangan di tepi pantai ini.
tanaman pantai kulonprogo
tanaman pantai kulonprogo via wowhii.com

Tanaman PantaiSambil santai , kita sempat menemui kepiting pantai yang lucu dan amat banyak. Ada ukuran besar dan kecil yang larinya cepat kalau kita kejar.

Ini dia salah satu trik bocoran dari kita jika ingin melihat kepiting ini secara langsung yaitu dengan menutup lubang-lubang rumah kepiting di sekitarnya.

Sehingga kepiting yang kita kejar menjadi bingung mau sembunyi dimana dan kepiting akan memilih diam.Hehe.. lucu kan kepitingnya. 

kepiting pantai
kepiting pantai via wowhii.com
Setelah puas lihat pemandangan pantai, kita balik ke jembatan, sebelum sampai pintu keluar kita juga masih menemui spot unik lagi, dan beberapa tempat di sampingnya juga dibangun spot baru yang besok nya akan menambah keunikan tempat wisata ini.
Saat kita datang ke tempat ini kita melihat ke bawah ada banyak sampah yang terseret arus dari sungai. Mungkin karena turun hujan dari sehari sebelumnya.
sampah dari arus sungai
sampah dari arus sungai via wowhii.com
Di pintu keluar kita tidak melewati jembatan yang sama seperti jalan akan masuk wisata ini. Jika kita masuk ke wisata ini kita lewat jembatan di atas (Tol Japin Atas), kita keluar dari lokasi wisata ini dengan lewat jembatan yang berada di bawah yaitu Tol Japin Bawah “Jembatan Api-Api”. Unik bukan.
jembatan api-api
jembatan api-api via wowhii.com
Setelah puas jalan-jalan di banyak spot unik, kita bisa pesan makanan di warung terdekat di komplek ini. Harga juga relatif murah dan bisa kenyang loh.
Kita mau berbagi tips nih Guuys jika kalian berencana datang ke tempat wisata ini, antara lain:
Bawalah jaket / baju panjang, jika panas menyengat bisa melindungi kulit
  • Bawa bekal makanan/minuman jika takut kelaparan saat perjalanan di mangrove
  • Jangan lupa membawa tongsis buat yang suka selfie ya
  • Ajak teman untuk rekan foto
  • Jangan lupa bawa kamera atau handphone (penting)
  • Bawa anti nyamuk oles untuk pelindung kulit dari gigitan nyamuk
  • Usahakan datang lebih awal / pagi saat pengunjung belum banyak agar bisa puas berfoto
  • Usahakan datang kesini pada hari kerja jika hari libur tak sempat, biar bisa puas ber foto
  • Usahakan datang saat cuaca cerah, karena cuaca bisa mempengaruhi hasil foto anda
  • Bawa cadangan baterai handphone/baterai kamera jika handphone/kamera anda lowbat
  • Siapkan gaya-gaya foto unik / lucu yang bisa bikin nge hits di sosial media anda.
spot unik di mangrove
spot unik di mangrove via wowhii.com
Ada pula fasilitas di sini, antara lain :
  • Tempat parkir yang luas
  • Mushola
  • Toilet umum
  • Warung makan makanan dan minuman
  • Banyak spot foto unik dan menarik dengan banyak tulisan kekinian
  • Perahu untuk menyusuri keindahan wisata mangrove jembatan api-api
  • Tempat sampah yang sudah tersedia
spot di jembatan api-api kulonprogo
spot di jembatan api-api kulonprogo via wowhii.com
 Oiya Guuys, ada pula fungsi hutan mangrove ini, antara lain :
  •  Mencegah Intrusi Air Laut:Intrusi air laut merupakan peristiwa perembesan air laut ke tanah daratan. Intrusi laut dapat menyebabkan air tanah menjadi payau sehingga tidak baik untuk di konsumsi. Hutan mangrove punya fungsi mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga dapat mencegah terjadinya Intrusi Air Laut ke daratan.
  •  Mencegah Erosi dan Abrasi Pantai:Erosi merupakan pengikisan permukaan tanah oleh aliran air sedangkan abrasi merupakan pengikisan permukaan tanah akibat hempasan ombak laut. Hutan mangrove memiliki akar yang efisien dalam melindungi tanah di wilayah pesisir, sehingga dapat menjadi pelindung pengikisan tanah akibat air.
  •  Sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa:Hutan mangrove juga merupakan tempat tinggal yang cocok bagi banyak hewan seperti biawak, kura-kura, burung, ular dan lain sebagainya. Beberapa jenis hewan laut seperti ikan, udang, kepiting dan siput juga banyak tinggal di daerah ini. Akar tongkat pohon mangrove memberi zat makanan yang di butuhkan oleh ikan dan hewan lain di sekitarnya.
  •  Menambah sedimen secara periodik sampai terbentuk lahan baru. 
  •  Sebagai tempat terjadinya proses daur ulang yang menghasilkan oksigen. 
  •  Sebagai kawasan untuk berlindung, bersarang, dan berkembang biak bagi burung dan satwa lain. 
  •  Sebagai habitat alami bagi berbagai jenis biota darat dan laut lainnya.  

Nah, cukup seperti inilah perjalanan kita kali ini di Hutan Mangrove Kulon Progo. Jika kalian penasaran dengan tempat unik ini, sempatkanlah mampir ke Jogja Istimewa ini. Dijamin puas dan seru tentunya, sekian dan salam piknik.