Pantai Glagah, Pantai Pemecah Ombaknya Kulon Progo


Pantai Glagah adalah salah satu wisata pantai yang terkenal sejak lamayang berada di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Daerah Kulon Progo kini menjadi primadona perburuan tempat wisata di Jogja. Tak hanya menarik, pastinya semakin bertambah banyaklagi tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi.
Salah satu tempat wisata favorit nya adalah pantai Glagah yang terkenal dengan pemecah ombak yang menjorok ke pantai.Mau tau seperti apa? Yuk ikuti perjalanan liburan ke pantai ini.
 
pantai glagah
Pantai Glagah Kulon Progo

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai Glagah

pantai glagah
Pantai Glagah

Tepatnya berada di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja sekitar 40 kilometer ke arah barat daya atau sekitar 15 kilometer dari pusat kota Wates.
 

pantai glagah
Pantai Glagah

Rute pertama :Dari Jogja ke arah Jl. Bantul, sampai kota Bantul melewati lampu merah Palbapang Bantul belok ke kanan. Sampai di Jl. Srandakan melewati jembatan Srandakan. Sampai di lampu merah ambil ke kiri arah ke Pantai Glagah.
jika Anda melalui rute ini, sebelum ke arah Pantai Glagah Anda bisa mampir ke Pantai Trisik atau Pantai Bugel.
Rute kedua :Dari Jogja ke arah Jl. Wates menuju arah Sentolo sampai di kota Wates. Sampai Jl.Raya Wates-Purworejo ambil kiri ada plang ke Pantai Glagah sebelum perbatasan
Jarak tempuh dari Jogja sekitar 1 jam perjalanan, tergantung kecepatan laju kendaraan. Bagi Anda yang berencana datang ke sini tak perlu khawatir karena jalan nya mulus aspalan, dan tentu akan mempercepat perjalanan Anda.

Serunya Liburan di Pantai Glagah

Liburan akhir pekan ini kita akan wisata ke Pantai Glagah. Harga tiket masuk cukup membayar Rp.5.000,- per orang saja, dan harga bisa sewaktu-waktu berubah. Cukup murah kan. Jika Anda ingin menikmati pemandangan pantai ini bisa datang kapan saja.
pantai glagah
Pemecah Ombak di Pantai Glagah
Adanya keunikan berupa hamparan pemecah ombak di tepi pantai membuat pantai ini kerap menjadi destinasi wisata yang tak bosan dikunjungi para wisatawan. Begitu pula dengan saya sendiri yang sudah berkali-kali datang kesini tapi tak pernah merasa bosan akan keindahannya. Selain itu, siapa saja bisa bermain air di tepi pantai dengan hamparan pasir hitam khas tempat ini.
Setelah sampai di lokasi, area parkirnya pun luas. Fasilitas disini pun sudah lengkap, ada kamar mandi, toilet, mushola, warung makan dan jajanan yang beraneka ragam macamnya. Selain itu, ada banyak kolam-kolam mini yang bisa digunakan untuk anak-anak bermain air, mandi, dan berenang. Harga nya pun cukup murah.
Tak hanya pantai, di area berbeda ada laguna yang bisa digunakan untuk rekreasi bersama keluarga dan Anda bisa menyewa perahu untuk melihat pemandangan sekitar. Saat ini kawasan laguna sudah menjadi lebih bagus dan bisa dinikmati oleh semua pengunjung. Ada deretan bangku meja kursi tertata rapi dari timur ke barat, sehingga para pengunjung dapat menikmati sajian menu yang bisa Anda pesan di jajaran warung dengan nyaman. 

pantai glagah
Menikmati indahnya Pantai Glagah
Jika Anda ingin mencoba memancing juga bisa, di sebelah timur pantai ada area yang cocok untuk memancing. Ada banyak ikan-ikan yang terlihat di tepian, dan Anda bisa mencoba untuk memancingnya. Di utaranya juga ada area yang aman digunakan untuk bermain air bagi anak-anak karena tak ada ombak. Tetapi anak-anak juga perlu pengawasan dari orang tua saat bermain air.
oleh-oleh di pantai glagah
Penjual oleh-oleh di Pantai Glagah

Nah, bagi pengunjung yang ingin berburu oleh-oleh di tempat ini ada banyak penjual. Ada pakaian, souvenir, topi, kacamata, pong-pongan, buah-buahan, bawang merah. Ada pula oleh-oleh khas tempat ini yaitu undur-undur, udang, ikan kecil, kepiting yang sudah matang / digoreng renyah yang bisa Anda coba. Harga undur-undur per pack Rp5.000,- , untuk udang dan ikan kecil per pack seharga Rp.10.000,-.

oleh-oleh di pantai glagah
Oleh-oleh di Pantai Glagah
Di waktu tertentu, di dekat area istirahat ada yang menunjukkan berbagai jenis ular yang siapa saja boleh berfoto dengan membayar seikhlasnya. Karena saya sendiri takut dengan ular jadi tidak berfoto, saya hanya melihatnya saja dari kejauhan.
area memancing di sekitar glagah
Area Memancing di Sekitar Glagah

Selain Pantai, Pengunjung Bisa Melihat Wisata Lainnya

Di sebelah barat pantai ini, ada agrowisata perkebunan buah naga yang bernama Kusuma Wanadri. Luas perkebunan ini sekitar 3,5 hektar, dan juga difungsikan sebagai lahan penanaman tanaman herbal, untuk kantor, bangunan kios dan warung makan.
Selain kebun buah naga, di area ini juga ada perkebunan melon dan semangka yang merupakan produk unggulan warga sekitar dalam bidang pertanian. Selain wisata ke pantai, Anda bisa sekaligus menikmati beberapa wisata lainnya. Seru bukan.
Bagi Anda yang ingin berlibur akhir pekan dan melihat keindahan sunset ataupun sunrise, bisa datang ke tempat ini. Semoga liburan akhir pekan Anda bersama keluarga menyenangkan, salam piknik.