15 Pantai Cantik di Gunungkidul yang Eksotis

gunungkidul
Gunungkidul

Gunungkidul biasanya identik dengan wisata alam pegunungan, tetapi ada banyak pantai cantik di Gunungkidulini yang perlu kita ketahui. Wisatapantai disini tak diragukan lagi akan keindahannya dan menggoda mata. 

Beberapa pantai ini bisa menjadi referensi tempat tujuan wisata anda bersama keluarga saat berlibur. Mau tau pantai mana saja yang menarik dan cantik ini ?Yuuk, kita pelajari lebih jelasnya.

1.Pantai Nglambor


pantai nglambor
Foto by : www.pantainglambor.com


Pantai Nglambor ini berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Perjalanan dari pusat kota Jogja sekitar 2,5 sampai 3 jam. Pantai ini berada diantara pantai Jogan dan pantai Siung loh.

Pada awalnya pantai Nglambor ini belum seramai sekarang. Pantai ini masih alami dan cantik. Dengan berjalannya waktu pantai ini berkembang pesat, minat para wisatawan pun terus meningkat.

Saat ini pantai Nglambor terkenal dengan wisata di bawah airnya atau bisa disebut snorkeling. Kita bisa menikmati keindahan pesona terumbu karang dan melihat ikan-ikan cantik berenang. Disini kita ada pemandu snorkeling nya jika ingin berfoto keren dengan para ikan cantik.

pantai nglambor gunungkidul
Foto by : www.magentanita.blogspot.com


Pantai ini terdapat 2 batu karang besar yang membuat ombak masuk ke tempat ini tak terlalu besar seperti pantai yang lainnya. Saat surut kita bisa menikmati panorama terumbu karang di tepian dan banyak ikan-ikan kecil. Air nya pun jernih dan bersih.

Keindahan di pantai ini pun terbayar dengan perjalanan yang bisa dibilang lumayan jauh.Fasilitas di pantai ini pun cukup lengkap, sehingga bisa puas bermain air dan snorkelingdi pantai satu ini.


2.Pantai Jogan



pantai jogan gunungkidul
Foto by : www.yogyes.com


Pantai Jogan berada di Dusun Duwet, Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Jarak dari pusat kota Jogja sekitar 74 km atau waktu tempuh sekitar 2,5 sampai 3 jam perjalanan.

Pantai Jogan ini bisa dibilang pantai yang belum lama ini terkenal alias termasuk tempat baru. Baru beberapa tahun lalu tempat ini mulai terkenal. Dahulu tempat ini masih sepi pengunjung, sekarang ini sudah banyak sekali pengunjung yang datang kesini. Biasanya para traveler yang datang ke tempat ini mayoritas peng-hobby hunting foto dan ingin merasakan nuansa wisata baru.

Pantai satu ini mempunyai keunikan tersendiri dan menjadi salah satu daya tarik para wisatawan. Saat musim libur tiba / hari minggu tempat ini selalu ramai pengunjung. Unik nya yaitu ada air terjun yang mengalir ke pantai.

Saat musim hujan tiba, air terjun ini akan deras mengalir, dan tetap waspada jika berjalan disini karena licin. Jika musim panas/kering, air terjun ini tidak mengalir/ kering. Jadi jika mau melihat indahnya air terjun ini bisa saat musim hujan agar bisa mandi dibawah dengan air terjun serta menikmati pemandangan pantai yang memukau.

Di sebelah kiri kita bisa berfoto selfie di dekat batu karang dengan pepohonan yang unik. Seru dan asik pokoknya jika main ke tempat ini.

Fasilitas disini juga ada warung makan, toilet, area parkir yang luas. Bagi yang sempat ke Jogja sempatkan mampir ke pantai satu ini ya. Seru dan unik pastinya.

3.Pantai Siung

pantai siung gunungkidul
Pantai Siung by : www.anekatempatwisata.com


Pantai Siung ini berada di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja sekitar 70 kilometer, atau dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam tergantung kecepatan kendaraan.

Dinamakan pantai Siung karena diambil dari nama sebuah batu karang ukuran besar yang bentuknya menyerupai gigi kera atau disebut Siung Wanara. Dan dari kata Siung inilah pantai cantik ini dinamai Pantai Siung, yang makna siung dalam bahasa Jawa adalah gigi taring.

Bagi yang hobby camping di alam terbuka, tempat ini bisa menjadi salah satu tempat yang seru dan cocok karena ada area untuk camping disini. Pasti akan sangat seru sambil menikmati keindahan siang dan malam bersama teman-teman / keluarga.

Pantai ini juga bagus untuk selfie dan berfoto bersama teman/keluarga/pacar. Dengan latar pantai berpasir putih yang cantik dan asik ini pastinya akan menambah galeri foto kalian di sosial media tentunya.

Serunya berlibur di pantai ini diantaranya bisa bermain air di tepian pantai, selain itu saat pantai surut kita bisa melihat dan mencari ikan disini. Banyak hewan laut terlihat jelas, ada landak laut, ikan beragam warna unik, siput laut, kepiting laut, bintang laut dan bisa melihat batu karang di sekitar yang cantik.

Selain itu, banyak pepohonan di pinggiran pantai. Selain bisa menyegarkan pikiran disini, kita juga bisa menyewa tikar yang ada disini.

Di sebelah kiri pantai ada puncak yang bisa melihat pemandangan pantai yang bagus. Kita hanya perlu berjalan kaki saja untuk mendaki ke atas. Harga naiknya per orang Cuma seribu rupiah saja, dan mungkin dengan berjalannya waktu harga bisa naik/berubah.

Banyak juga fasilitas di kawasan pantai ini, diantaranya toilet umum, mushola, warung makan/minum, sewa tikar, camping ground, tempat parkir yang luas.Tak lengkap pula jika tanpa kamera berwisata ke tempat ini.

4.Pantai Pok Tunggal


Foto by : www.kedaisusu01.blogspot.com


Pantai Pok Tunggal ini masih berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY satu Kecamatan dengan Pantai Siung.

Rute perjalanan dari pusat kota Jogja : 

Jogja ke arah Piyungan melewati Jl.Wonosari sampai Patuk, sampai Sambipitu ambil arah ke Gading. Ambil arah ke Logandeng sampai Siyono sampai tugu BPD sampai Jalan Lingkar Selatan ambil arah Jl.Girisubo-Wonosari sampai Jl.Saptosari masuk Tepus, sampai ke lokasi Pok Tunggal. Perjalanan bisa sekitar 2 jam tergantung kecepatan laju kendaraan.

Pantai Pok Tunggal ini terkenal dengan pasir pantainya yang putih dan cantik. Jadi yang berwisata kesini usahakan bawa kamera untuk mengabadikan keindahan pantai ini. Selain itu ada tebing karang yang tinggi sekitar puluhan meter yang bisa untuk arena panjat tebing.

Di sekitar pantai ini ada keunikan tersendiri, ada sumber mata air tawar yang berasal dari bawah tanah yang bisa digunakan oleh warga sekitar.

Ada banyak versi tentang penamaan Pantai Pok Tunggal ini. Karena adanya Tuk Tunggal yang berarti satu-satunyatuk / sumber mata air yang berada di daerah ini. Ada pula karena kelompok tunggal yang merintis tempat wisata ini. Fasilitas disini sudah termasuk memadai, jadi tak perlu khawatir jika datang ke pantai ini.

5.Pantai Indrayanti

 

pantai indrayanti gunungkidul
Foto by :www.mahkotawisata.com


Lokasi pantai Indrayanti ini berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai satu ini sudah terkenal dari beberapa tahun lalu, namun pantai ini tak pernah sepi dari pengunjung, wisatawan domestik ataupun luar negeri juga banyak yang menyempatkan kesini. Pantai ini juga terkenal dengan pasir pantainya yang putih dan ber air bersih.

Di pantai ini mata kita akan di segarkan oleh pemandangan eksotis yang keren. Selain disuguhi keasrian dari pantai ini, kita juga bisa menginap dengan harga yang relatif serta bisa menikmati menu makanan di cafe/resto di sekeliling pantai ini.

Selain itu, sambil menikmati pemandangan pantai yang cantik ini kita juga bisa berteduh di bawah paying-payung di tepian pantai ini. Menyenangkan bukan, tak lengkap pula jika sampai sini tanpa berfoto.Jika lupa membawa kamera, di tempat ini banyak jasa foto keliling yang siap membantu dan biayanya cukup murah.

6.Pantai Sundak

pantai sundak unungkidul jogja
Foto by : www.initempatwisata.com

Pantai Sundak berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa jika mampir ke pantai ini bisa juga sekalian mampir ke pantai lainnya ini.

Ternyata ada cerita unik dibalik penamaan pantai ini. Sundak dismbil dari kataasu (arti Jawa : anjing) dan landak. Dahulu di goa di daerah ini ada pertarungan antara anjing(asu)dan landak. Karena anjing tersebut lapar dan ingin memakan landak. Akhirnya landak dimakan anjing dan meninggalkan sisa potongan tubuh landak. 

Selain pemandangan pantai dengan pasir putih nan cantik ini kita bisa mengabadikan moment seru bersama keluarga/teman/sahabat/pacar. Jika perut berasa lapar disini juga banyak rumah makan yang relatif terjangkau harganya. Fasilitas lainnya ada pula kamar mandi , mushola, tempat parkir yang luas.

7.Pantai Krakal

pantai krakal gunungkidul
Foto by : www.liburmulu.com

Pantai Krakal berada di Kecamatan Tanjungsari , Kabupaten Gunungkidul, DIY. Dari arah kota Jogja butuh waktu sekitar 2,5 jam perjalanan. Dan tergantung pula dengan kecepatan laju kendaraan.

Pantai ini juga termasuk pantai cantik di Gunungkidul. Dengan latar tebing karang dan pepohonan bisa menyejukan mata kita. 
 

pantai krakal gunungkidul
Foto by : www.initempatwisata.com

Jika datang ke pantai Gunungkidul tanpa mampir kesini rasanya ada yang kurang. Di pantai ini kita bisa menikmati spot surfingbagi yang hobby. Bagi yang hobby foto/selfie , tempat ini cocok untuk menjadi background nya. Karena tempat yang indah ini bisa menambah album foto jadi nge hits.

Pantai Krakal dahulu terjadi karena adanya pengangkatan kerak bumi, dan dari dasar laut sampai ke permukaan dan muncul berupa daratan. Nah, daratan ini lah yang muncul dinamai pantai Krakal. Dan sampai sekarang ini masih ada banyak batu karang di tempat ini dan kita pun bisa melihat keindahan ikan-ikan penghuni di pantai ini.

Jika belum ingin pulang, kita bisa menginap di penginapan di penginapan di pantai ini dengan harga yang relatif terjangkau. Dan disini tak perlu khawatir kelaparan, karena ada warung makan disini. Fasilitas Selain itu juga ada kamar mandi umum, area parkir yang luas dan mushola.

8.Pantai Baron

pantai baron gunungkidul
Sumber foto by :www.initempatwisata.com

Lokasi pantai Baron ini berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul,DIY. Lama perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota Jogja.

Pantai ini bisa dibilang pintu awal untuk menjelajah ke pantai lainnya di kawasan Gunungkidul. Pantai ini sudah lama terkenal dari berbagai pelosok. Wisatawan domestik ataupun mancanegara juga banyak yang datang ke pantai ini.

Di pantai ini terkenal dengan kulinernya. Selain berlibur kitapun bisa mengisi perut yang lapar dengan berbagai macam olahan ikan laut disini. Seperti olahan ikan tongkol,kakap, lobster,udang dll. 
Keunikan lainnya dari pantai ini adalah adanya sungai air tawar dari bawah tanah yang mengalir ke laut. 

Selain itu, nama pantai Baron ini diambil dari nama orang yang dahulu kala pernah mendaratkan kapalnya disini, yaituBaron Skeber. Dengan pemandangan ombak ditambah ada tebing karang di samping nya bisa menambah keindahan pantai ini. Bisa juga untuk spot foto yang keren.

Di pantai ini juga ada tempat untuk pelelangan ikan, perahu mesin, dan tempat bermain anak-anak. Selain itu, kita bisa juga berenang sepuasnya asalkan masih dalam batas zona aman pantai. Pantai ini punya fasilitas yang bisa dibilang lengkap dengan spot menarik. Selain di atas, ada pula camping ground dan area memancing yang sudah tersedia. Area parkirnya juga luas, lengkap dengan toilet umum dan mushola.

9.Pantai Kukup


pantai kukup gunungkidul
Foto by : www.gedangsari.com


Pantai Kukup ini berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Dan masih sederet dengan pantai Krakal, dan pantai Baron. Perjalanan dari pusat kota Jogja sekitar 2,5 jam.

Masih ingat tidak saat masih sekolah biasanya ketiga pantai ini menjadi jujugan liburan, yaitu Baron, Krakal, Kukup.

Pantai ini biasanya di ibaratkan pantai Bali, yaitu seperti Tanah Lot nya Jogja. Keren bukan. Pantai ini berpasir putih dan mempunyai pemandangan yang menawan dengan batu karang besar yang menjorok ke laut dan ada gardu pandangnya.

Para pengunjung cukup berjalan kaki saja untuk menuju ke atas. Dari atas sinilah kita bisa melihat pemandangan yang eksotis bak di Tanah Lot Bali. Saat pagi / sore hari pun bisa juga untuk menikmati terbitnya/tenggelamnya matahari dari atas sini. Sungguh mengesankan pemandangan alam sekitar pantai ini.

Selain bisa bermain air di tepian pantai, kita juga bisa melihat ikan hias dengan banyak warna unik di antara karang-karang pantai ini. Jika perut sudah mulai keroncongan kita bisa pesan makanan di warung disini, banyak olahan masakan ikan laut. Dijamin kenyang deh.

Tempat wisata pantai Kukup ini bisa jadi salah satu referensi wisata untuk keluarga anda jika ingin berlibur di Gunungkidul.

10.Pantai Ngobaran


pantai ngobaran
Foto by : www.piknikasik.com


Pantai Ngobaran berada di Desa Kanigoro, Kelurahan/Kec. Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Perjalanan dari kota Jogja sekitar kurang lebih 2 jam.

Rute dari arah Jogja ambil ke arah Jl.Wonosari sampai Gading ambil arah ke Playen, ikuti jalan dan sampai pertigaan pasar Paliyan ke arah kiri dan ambil kanan, ikuti jalan ke arah pantai.

Pantai Ngobaran ini nge hitsdi sosial media baru sekitar beberapa tahun lalu, dan sampai sekarang ini. Pantai dengan keunikan tersendiri inilah yang mayoritas menarik para wisatawan lokal maupun manca.

Uniknya adalah ada beberapa patung dewa-dewa di dalamnya dan berpadu dengan panorama indanya pantai yang biru. Tempat ini pun menjadi primadona paratraveler masa kini.

pantai ngobaran
Pantai Ngobaran

Dari atas tebing ini kita bisa melihat indahnya panorama pantai seperti ombak yang menerjang tepian bawah pura yang berpasir putih ini. Tak hanya itu, spot unik ini bisa dijadikan lokasihunting foto yang keren dan bernuansa seperti di Bali.

Di sisi kanan dan kiri pun juga indah dengan tebing yang tinggi. Ada pula beberapa arca di tempat ini dan seperti tempat ritual penganut kepercayaan tertentu terdahulu.

Oiya, jika para pengunjung ingin mengerjakan sholat sudah ada tanda arah kiblatnya, jadi tetap ke arah yang benar jadi jangan khawatir bingung ya. Selain tempat sholat, disini banyak warung makan dan tempat peristirahatan jika lelah berjalan-jalan.

Ada pula toilet umum dan tempat parkir yang luas. Piknik ke Gunungkidul jangan lewatkan ke tempat ini ya, dijamin bagus deh. Ada nuansa-nuansa Bali nya gitu.

11.Pantai Ngrenehan


pantai ngrenehan
Foto by :www.gunungkidulonlline.com


Pantai Ngrenehan ini berada di Desa Kanigoro, Kelurahan/Kec.Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY.
Rute dari kota Jogja : ke arah Jl.Wonosari sampai Gading, ke arah Playen, sampai Trowono, ikuti arah pantai Ngrenehan. Perjalanan sekitar 2 sampai 3 jam dari kota Jogja.

Pantai yang tak begitu luas ini berada di timur pantai Ngobaran. Di pantai ini kita bisa melihat banyak nelayan yang sedang mencari ikan di laut. Selain itu, kita bisa menikmati pemandangan bukit kapur yang indah dan bisa bermain di pasir yang putih. Kita pun bisa berenang dan bermain air disini, karena aman dari ombak yang besar.

Ombak besar tak akan menghempas tempat ini karena di apit oleh 2 bukit karang yang besar. Kawasan pantai ini memang tak begitu ramai karena lokasi nya yang tak begitu luas seperti pantai lainnya.
Jika mampir ke pantai ini tak lengkap jika tidak membawa oleh-oleh.

Di tempat ini juga menjual ikan segar yang baru ditangkap para nelayan setempat. Disini kita juga bisa menikmati olahan masakan ikan laut. Bisa langsung dibawa pulang atau bisa di makan langsung.

12.Pantai Sepanjang


pantai sepanjang gunungkidul
Foto by : www.piknikasik.com


Lokasi pantai Sepanjang ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Kurang lebih sekitar 1 km sebelah timurnya Pantai Kukup.

Rute dari kota Jogja : kea rah Jl.Wonosari – Piyungan , arah Patuk sampai Sambipitu, ambil arah Gading, ke arah Siyono-Wonosari, sampai Jl.Baron-Tanjungsari, sampai pertigaan masuk kawasan pantai Baron ke timur, sampai pintu masuk pantai Kukup lurus ke timur sampailah di pantai Sepanjang.

Mungkin pada awalnya banyak yang bertanya-tanya sebab dinamakan pantai Sepanjang ini. Ini dia, karena garis pantai disini merupakan garis pantai yang terpanjang diantara pantai yang lain di Gunungkidul.

Pantai ini bisa dibilang sebagai pantai baru karena belum banyak fasilitas yang memadai seperti di pantai pada umumnya. Tapi kemungkinan dalam bergantinya waktu besok akan ada peningkatan untuk menambah aset wisata di Gunungkidul ini. Serta bisa menambah minat para pengunjung.

pantai sepanjang
Foto by : www.eksotisjogja.com

Saat melihat pantai ini surut, kita bisa menjumpai banyak hewan laut disini. Seperti ikan-ikan kecil warna-warni, landak laut,bintang laut, dll. Ombak disini tidak sebesar di pantai lainnya, jadi bisa menenangkan pikitran jika berlibur kesini.

Tempat ini bisa jadi tempat tujuan berlibur saat pikiran penat dan jangan lupa membawa bekal makanan dan lainnya juga. Dan jika kesini usahakan saat cuaca cerah ya, biar aman dan bisa berfoto dengan hasil yang bagus. 

13.Pantai Drini

 pantai drini
Sumber Foto by :www.rifkahakim.wordpress.com

Pantai Drini ini terletak di daerah Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Perjalanan dari kota Jogja sekitar 2,5 sampai 3 jam. Letak pantai ini berada di antara pantai Baron dan pantai Indrayanti.

Adanya pulau kecil yang memisahkan pantai menjadi dua tempat inilah yang menjadi ciri khas pantai ini, ibarat satu pantai dengan dua muka yang menjadikan 2 pemandangan berbeda. Dan diatas pulau ini kita juga bisa melihat pemandangan pantai yang mengesankan.

Keindahan tak hanya dilihat dari pulau kecil ini saja, tetapi juga dari pasir pantainya yang putih dan masih alami. Kita pun juga bisa bermain air disini dan melihat-lihat ikan warna-warni berenang di tepian.

Fasilitas di pantai Drini ini sudah banyak dan memadai. Jadi tak perlu khawatir jika liburan kesini bersama keluarga. Dari tempat parkir yang luas, mushola, toilet umum, warung makan yang bisa memesan menu makanan seafood dll. Pastinya seru berlibur di pantai Drini ini. Salam piknik.

14.Pantai Sadranan


pantai sadranan gunungkidul
Foto by : www.teamtouring.net


Pantai Sadranan berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Waktu tempuh dari pusat kota Jogja sekitar 2-3 jam.

Rute dari Jogja ambil ke arah Jl.Wonosari dan menuju kota Wonosari, ambil arah menuju pantai Baron, saat melewati pos masuk wisata Baron kita ambil jalan lurus menuju pantai Krakal, kita ke arah timurnya pantai Krakal, sampailah di pantai Sadranan.

Asal nama pantai Sadranan ini berasal dari kata “nyadran” atau dikenal dengan ritual sedekah laut sebagai wujud rasa syukur kepada Pencipta atas hasilbumi dan laut yang bisa dinikmati warga.

Pantai Sadranan ini bisa dibilang surganya “wisata snorkeling”, kenapa tidak? Ya, pantai ini cocok bagi kalian yang suka snorkeling. Disini banyak terumbu karang di bawah laut yang indah dan bisa melihat para ikan cantik berenang.

Bagi yang ingin snorkeling tapi tidak bawa perlengkapannya tenang, disini ada tempat penyewaan nya.harga juga terjangkau. Oiya Guuys, baiknya saat snorkeling menunggu air surut agar bisa puas menikmatinya tapi hati-hati jangan sampai merusak terumbu karang ya.

Pantai ini termasuk salah satu tempat wisata favorit para wisatawan lokal ataupun manca. Terutama para muda-mudi yang hobby hunting foto dan snorkeling. Selain itu kita pun bisa bermain air dan pasir pantai yang putih.

Selain itu, bagi yang ingin menikmati indahnya pemandangan pantai saat malam pun bisa. Disini salah satu tempat yang cocok untuk camping bersama teman-teman sambil membuat api unggun. Fasilitas disini pun juga termasuk lengkap, ada warung makan,toilet, mushola,area parkir.

Tertarik dengan tempat asik ini bisa langsung meluncur kesini bersama teman-teman kalian, jangan lupa bawa bekal ya, dan siapkan kamera untuk mengabadikan moment seru ini. Salam piknik.

15.Pantai Wediombo


pantai wediombo
Foto by : www.piknikasik.com


Pantai Wediombo ini berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Jarak dari kota Jogja sekitar 80 km, waktu perjalanan kurang lebih 2,5 sampai 3 jam.

Rute menuju lokasi ini dari kota Jogja : ambil arah Jl.Wonosari-Piyungan, sampai Patuk ke arah Sambipitu menuju Gading, ambil arah ke Siyono-Wonosari, ke arah Semanu.

Ada pertigaan setelah Jembatan Jirak ambil kanan, ada lapangan Tri Wana Sakti Semanu ikuti jalan lurus sampai Panggul, Candirejo sampai lapangan Cuwelo kanan,ada pasar Jepitu kanan arah ke pantai.

Pantai Wediombo ini termasuk pantai yang masih alami, dan mempunyai keunikan tersendiri pula. Batuan karang besar yang unik dengan hamparan pasir pantai yang putih menambah keindahan pantai ini.

Selain itu, bagi yang hobby surfing pun bisa melakukan disini karena ombaknya cukup besar. Dan bagi yang berburu foto bisa juga batuan karang ini menjadi latar nya, seru bukan.

Di antara batuan karang bisa juga digunakan untuk memancing, ada ikan kerapu, ikan cucut dan sebagainya.

Jika sudah puas bermain air dan basah-basahan kita bisa beristirahat di tepian. Ada kamar mandi, toilet, jika lapar bisa memesan makanan di warung makan sekitar sini.

Jika berlibur ke Jogja istimewa ini jangan lewatkan mampir kepantai cantik di Gunungkidul ini ya, sayang sekali jika tempat ini terlewatkan. Masih banyak tempat-tempat lain lagi yang istimewa tentunya. Selamat berlibur dan salam piknik.